Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Bone Terkini

Viral! Jembatan Senilai Rp 6,8 Miliar di Bone Ambruk

Senin, 09 Mei 2022 | 15:17 WITA | 0 Shares Last Updated 2022-05-09T07:17:25Z
Viral! Jembatan Senilai Rp 6,8 Miliar di Bone Ambruk
Jembatan sungai Garimpang ambruk (sumber: Muh Darmais/facebook).


BONE, BONETERKINI.ID - Jembatan Sungai Garimpang di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) yang memiliki nilai kontrak Rp 6,8 miliar ambruk.


Unggahan mengenai ambruknya jembatan yang terletak di Desa Kalero, Kecamatan Kajuara itu dibagikan di salah satu grup Facebook, Senin (9/5/2022).


“Menurut info : Desa Kalero kec.kajuara (Bone Selatan), Warga : belum apa-apa jembatannya sudah roboh kasian,” tulis akun Bone Selatan.


Kepala Desa Kalero, Muh Darmais mengatakan bahwa bagian yang ambruk adalah bagian yg belum terpasang rangka bagian atas.


“Yang ambruk adalah bagian yg belum terpasang rangka bagian atas, yang sudah terpasang tidak ambruk,” ungkapnya.


Adapun penyebab utama robohnya jembatan menurutnya adalah karena kayu besar yg hanyut terbawa arus banjir dari hulu dan menghantam tiang penyangga (penopang) bagian bawah rangka jembatan.


“Perlu kami klarifikasi terkait video yg beredar ttg robohnya jembatan ini supaya tdk menjadi bahan perbincangan, penyebab utama robohnya jembatan ini adalah kayu besar yg hanyut terbawa arus banjir dari hulu dan menghantam tiang penyangga (penopang) bagian bawah rangka jembatan yg blm selesai dipasang rangka bagian atas, sehingga penopang tersebut ikut terseret dan mengakibatkan rangka jembatan ambruk dibagian yg belum terpasang,” jelasnya.


Dikethaui jembatan ini mulai dikerja pada bulan Januari tahun 2022 dan target selesai pada bulan Juni mendatang. 


Selain itu proyek ini dianggarkan lewat dana pemulihan ekonomi nasional (PEN) Rp 6,8 miliar dengan panjang 40 meter.


×
Berita Terbaru Update