Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Bone Terkini

Jangan Lewatkan, Fenomena Langka 5 Planet Sejajar Bakal Terjadi Besok

Kamis, 23 Juni 2022 | 19:19 WITA | 0 Shares Last Updated 2022-06-23T11:19:41Z
Jangan Lewatkan, Fenomena Langka 5 Planet Sejajar Bakal Terjadi Besok
Ilustrasi.


BONETERKINI.ID – Fenomena astronomi langka yaitu lima planet sejajar akan menghiasi langit dan bisa disaksikan masyarakat Indonesia pada Jumat 24 Juni 2022 besok.


Lima planet tersebut terdiri dari Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus dapat disaksikan masyarakat Indonesia.


Ahli astronomi dari Institut Astronomi Edinburgh University Beth Biller mengatakan bahwa fenomena tersebut adalah peristiwa langka.


“Biasanya hanya terdapat dua atau tiga planet yang berdekatan namun untuk besok akan ada lima planet berurutan yang dapat dilihat dengan mata telanjang atau tanpa alat bantu,” ungkapnya.


Sementara itu, Peneliti Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang mengungkapkan seluruh wilayah Indonesia dapat menyaksikan fenomena planet sejajar pada Jumat 24 Juni 2022 dalam rentan waktu 72-74 menit sebelum matahari terbit.


"Disaksikan mulai subuh fajar astronomis," kata Andi dikutip dari Kompas.com, Rabu (22/6/2022).


Diperkirakan fenomena langka ini akan terjadi sekitar pukul 04.30 sampai 05.30 pagi hari.


Namun, untuk waktu pengamatan fenomena lima planet sejajar tetap disesuaikan dengan waktu subuh di masing-masing wilayah.


“Kan waktu subuh masing-masing wilayah itu berbeda-beda, sesuai dengan lintang geografis dan bujur geografis suatu kota. Jadi disesuaikan, kurang lebih ya sekitar jam 04.30 sampai 05.30,” terang Andi.


×
Cari Mobil? Hubungi Kami