Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Bone Terkini

Cek Di Sini Jadwal dan Persyaratan Pendaftaran PPK dan PPS di Kabupaten Bone

Jumat, 18 November 2022 | 19:56 WITA | 0 Shares Last Updated 2022-11-18T11:58:16Z

Cek Di Sini Jadwal dan Persyaratan Pendaftaran PPK dan PPS di Kabupaten Bone

BONE, BONTERKINI.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mulai merekrut anggota badan ad hoc di tingkat kecamatan (Panitia Pemilihan Kecamatan/PPK) dan kelurahan (Panitia Pemungutan Suara/PPS). 


Rekrutmen PPK itu berlangsung mulai 20 November hingga 16 Desember 2022. Sementara PPS pada 18 Desember 2022-16 Januari 2023. 


Diketahui tahun ini, tidak terdapat lagi batasan bahwa calon anggota PPK dan PPS pernah menjabat posisi tersebut selama dua kali, sebagaimana dalam aturan Pemilu 2019. 


Berikut syarat-syarat menjadi calon anggota PPK dan PPS Pemilu 2024, sebagaimana dimuat dalam Pasal 35 Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2022:


1. WNI 

2. Berusia minimum 17 tahun 

3. Setia kepada Pancasila sebagai dasar negara, UUD 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945 

4. Mempunyai integritas, pribadi yang kuat, jujur dan adil; 

5. Tidak menjadi anggota partai politik yang dinyatakan dengan surat pernyataan yang sah atau sekurang-kurangnya dalam waktu 5 (lima) tahun tidak lagi menjadi anggota partai politik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari pengurus partai politik yang bersangkutan; 

6. Berdomisili dalam wilayah kerja PPK, PPS, dan KPPS; 

7. Mampu secara jasmani, rohani dan bebas dari penyalahgunaan narkotika; 

8. Berpendidikan paling rendah sekolah menengah atas atau sederajat; dan 

9. Tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih. 


Selain itu para pelamar juga perlu melampirkan beberapa dokumen kelengkapan pendaftaran. Di antaranya:


1. Fotokopi KTP elektronik, ijazah yang dilegalisir, surat pernyataan, dan 

2. Surat kesehatan jasmani dan rohani yang dikeluarkan RS/puskesmas beserta keterangan cek darah dan indikator tidak ada komorbid.

3. Para pelamar dapat mendaftarkan diri lewat situs siakba.kpu.go.id atau mendatangi langsung kantor KPU kota/kabupaten..


×
Pasang Iklan? Hubungi Kami