Scroll ke bawah untuk melihat konten
DaerahSinjai

Tradisi Hari Asyura 10 Muharram, Warga Serbu Pedagang Alat Dapur

569
×

Tradisi Hari Asyura 10 Muharram, Warga Serbu Pedagang Alat Dapur

Sebarkan artikel ini
Tradisi Hari Asyura 10 Muharram, Warga Serbu Pedagang Alat Dapur
Situasi di Pasar Sentral Sinjai, Jumat, 28 Juli 2023.

BONE TERKINI – Ada pemandangan berbeda yang terlihat di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Sinjai Pada hari ini, Jumat (28/7/2023) atau tanggal 10 Muharram 1445 hijriyah, warga menyerbu pedagang alat rumah tangga.

Ini merupakan tradisi memperingati 10 Muharram atau hari asyura. Mereka percaya membeli peralatan dapur dan perabotan rumah tangga saat Asyura bisa menambah rezeki dan keselamatan keluarga.

Berbagai peralatan dapur diborong warga Sinjai, mulai dari piring, panci, wajan, sendok, baskom, timba dan peralatan dapur lainnya.

Berdasarkan pantauan, di Pasar Sentral Sinjai warga yang dominan emak-emak terlihat memborong berbagai peralatan dapur dan perabot rumah tangga.

Baca Juga:  Ban Copot Saat Dikendarai, Pengemudi Truk di Bone Nyaris Tewas

Salah satu pembeli, Nurbaya (38) mengatakan, berbelanja peralatan dapur pada Hari Asyura telah menjadi tradisi turun temurun tiap tahun.

“Saya beli timba dan baskom pak. Mudah-mudahan kami dilimpahkan keselamatan dan rezeki bertambah tahun ini,” katanya.

Sementara salah satu pedagang peralatan dapur dan perabot di Pasar Sentral Sinjai, Ridwan mengaku dagangannya laris manis pada bulan Muharram ini.

“Alhamdulillah, sejak tanggal 1 Muharram warga sudah mulai ramai membeli peralatan dapur. Puncaknya hari ini di tanggal 10 Muharram, ” jelasnya.

Ridwan mengungkapkan, dagangannya paling laris pada 10 Muharram kali ini yaitu timba, baskom dan panci. Harganya pun murah seperti timba mulai dijualkan dengan harga Rp 5 ribu hingga Rp 15 ribu dapat dua.

Baca Juga:  Ini Dia Bonsai Andalan Dikirim PPBI Sinjai Ikut Kontes di Bone

“Pada hari-hari biasa hanya 3-7 orang yang datang bergantian belanja, tapi akhir-akhir ini kita diserbu pembeli,” bebernya.

Selain berbelanja peralatan dapur yang populer di Suku Bugis, di beberapa wilayah Nusantara memiliki tradisi berbeda dalam menyambut Hari Asyura 10 Muharram.

Misalnya di Jawa Timur, peristiwa 10 Muharram ini akan ditandai dengan adanya bubur Asyura yang melambangkan kemenangan dan kesedihan.